Editor HTML
Tampilan baru Edit HTML Template Blogger
Editor HTML Blogger Baru April 2013 : Edit Template Kini Jauh Lebih Mudah?? - Mmm...dari judulnya aja dah menandakan adanya kebingunganku dari bagaimana cara meng-edit HTML Template baru di Blogger.. :O. Udah pada tau belum kalau Blogger melakukan pembaharuan pada programnya yang ditujukan untuk mempermudah para penggunanya?? Aku aja taunya baru hari ini, pas mau edit template, eh...taunya tampilannya berubah dan bener-bener bingung.. 

Ternyata setelah mampir ke blog Buka Rahasia Blogspot yang membahas tentang ini aku baru tahu caranya. Dan isi dari tulisan ini benar-benar 100% hasil copy paste dari blog tersebut, tapi tenang... Etika pasti diterapkan dong.., aku mencantumkan blog sumber di awal dan link Artikel sumber di akhir, jadi aku rasa sudah cukup menghormati sang penulis aslinya. Aku melakukan ini agar Sahabat-sahabat bloggerku bisa lebih cepat mengetaui tentang pembaharuan ini. Langsung saja gan..

------------------Copy Mulai Dari Sini :r -----------------------


Peningkatkan fungsi fitur serta layout HTML Editor yang baru saja dirilis Blogger (9 April 2013) kini semakin memudahkan kita untuk mengedit template lewat fitur "EDIT HTML". Seperti sebelumnya yang pernah dibicarakan di forum-forum Blogger, fitur yang dapat kita lihat di halaman "Template" pada dashboard Blogger ini sebelumnya dapat dibilang cukup kuno, karena hanya terdiri dari beberapa fitur kecil yang membuat pekerjaan edit template menjadi cukup berat. Disebutkan pula bahwa fitur "template designer" yang digadang-gadang menjadi cara atau jalan pintas untuk mengedit template secara WYSIWYG ternyata kurang diminati, karena tidak bisa digunakan untuk melakukan hack pada template secara maksimal.

Dulu, kita mesti melakukan beberapa trik dalam menggunakan "Edit HTML Blogger" agar tidak melakukan kesalahan dan mendapatkan kemudahan, tapi kini beberapa trik tidak diperlukan lagi.

Ceritanya, kemarin saya ingin melakukan sedikit perubahan tertentu pada template blog ini. Tanpa diduga, semua tampilan edit HTML, yang biasa muncul di popup window, ternyata sudah berubah total; termasuk tampilan tag-tag yang kini menggunakan syntax highlighter, sehingga memudahkan saya untuk mencari jenis tag, script, dan kode yang ingin segera di edit.
Editor Template
Tampilan Editor HTML Template yang baru

Berikut beberapa perubahan dan fitur baru yang cukup membuat saya jingkrak-jingkrak :):

1. HTML editor kini "embedded" di dalam page (layout halaman) dan tidak lagi dalam bentuk popup.

2. Template Blogger berbasis widget, semua elemen adalah widget; dan kini kita bisa langsung menuju bagian widget yang diinginkan melalui menu dropdown yang berisi ID widget-widget (fitur "Jump to Widget").

3. Tag-tag di dalam widget ditampilkan secara langsung di dalam template, dan tidak dikunci (disembunyikan). Sebelumnya kita mesti centang "expand widgets template" untuk membuka tag-tag di dalam widget. Kini tinggal klik tanda expand folder "►" untuk membukanya.

4. Fitur preview hasil edit blog (template) kini menjadi satu dengan HTML editor, tidak lagi membuka halaman baru (ditampilkan dalam satu frame).

5. Fitur baru "format template", untuk memformat susunan tag-tag, script, atau CSS yang baru ditambahkan (beautifier)

6. Fitur untuk mengembalikan ke tampilan semula (revert) dan fitur "default", kini menjadi satu bagian dalam halaman HTML editor.

Setidaknya itu 6 poin utama dari perubahan dan peningkatan fitur HTML Blogger yang baru.

Pada konteks praktisnya, apa sih kelebihannya? Saya akan memberikan sebuah contoh sederhana yang nantinya bisa dikembangkan dalam beberapa hal advanced lainnya. Dalam contoh ini, saya akan memindahkan susunan widget sidebar (Meskipun pada prakteknya jauh lebih mudah melakukannya melalui halaman layout, tinggal geser-geser gadget).

1. Untuk mencari widget yang diinginkan, klik menu dropdown "Jump to Widget", pilih ID widget yang diinginkan. (Ingat, widget di sini bisa apa saja, termasuk blog post, semua bagian atau elemen Blogger adalah widget). Widget blog post atau kontainer post secara default memiliki ID "Blog1". Saya akan ambil contoh widget dengan ID HTML15, widget sponsor saya. (Perhatikan widget HTML2 ada di bawah HTML15, nanti akan kita pakai sebagai patokan susunan widget).
widget pada editor
Pilihan Widget

2. Setelah dipilih, maka kemudian kita akan dibawa ke bagian widget tersebut dalam tag ringkas (tanpa terbuka), untuk membuka isi tag-tag di dalam widget, klik tanda "►" (expand folder). Dalam contoh ini, saya expand widget HTML15, "select" seluruh bagian widget , kemudian "cut".

block widget tag
block widget tag

3. Setelah itu, saya pindahkan (paste) HTML15 di bawah HTML2 (dalam ini hal ini, widget search saya).

pindahkan tag
Pindahkan

4. Untuk melihat hasil edit, apakah sudah benar, saya tidak akan menyimpannya dulu, tapi menggunakan fitur preview template untuk mengeceknya. Kini fitur "Preview" menjadi satu (dalam frame) HTML editor. Klik "Preview" tunggu hingga semua bagian template terupload dan halaman preview ditampilkan. Dan berikut hasilnya:
tampilan preview
Tampilan Preview
Widget Sponsor (HTML15) berubah posisi menjadi di bawah widget Search (HTML2).

Di atas hanyalah contoh. Anda bisa melakukan cara yang sama untuk, misalnya, mengubah posisi tanggal di dalam post, posisi tag label dan penulis, dll dari atas post menjadi di bawah post, dari atas judul menjadi di bawah judul, dan lain sebagainya dengan memilih ID blog post ( jump to "Blog1"), expand (►), kemudian cari tag yang diinginkan, expand lagi, cut, dan paste di atas atau di bawah tag lainnya. Saya akan memberikan tutorial-tutorialnya ke depan, jika memang dibutuhkan.

Contoh lain dari kemudahan fitur baru di HTML editor Blogger adalah jika anda ingin memberikan tambahan tag tertentu pada widget, misalnya, menyembunyikan/menampilkan widget pada suatu halaman. Dulu, kita mesti "expand widgets template", mencari widget atau ID-nya dengan menggunakan CTRL+F. Tapi sekarang, hanya dengan memanfaatkan fitur "Jump to Widget" kita dapat langsung menuju widget yang dimaksud dan melakukan editing yang diperlukan.

Dalam kasus saya, editing atau pemindahan widget di atas tidak diperlukan, sebab hanya sebagai contoh. Maka kemudian saya melakukan "revert"; mengembalikan tag pada posisi semula, tanpa harus memindahkan ke posisi secara manual. Atau cara lebih mudahnya adalah: tutup saja halaman HTML editor, perubahan tidak terjadi; beres.

Perubahan minor juga terjadi pada beberapa fitur Blogger lain. Misalnya, pada post editor, bagian navigasi dan title editor (bagian untuk menulis judul) kini lebih melebar dan responsive.

Di atas hanya presentasi sebagian kecil kelebihan dari fitur Blogger HTML Editor yang baru. Saya pribadi berpendapat perkembangan tampilan dan fitur HTML Editor ini sangat membantu dalam melakukan berbagai editing, dan otomatis menghapus langkah-langkah panjang yang dulu saya alami ketika edit template. Trik CTRL+F masih berlaku untuk mencari bagian spesifik tertentu, tapi sudah tidak sepenting dulu lagi. Bagaimana dengan  pendapat sobat?

----------------------selesai---------------------------

Begitulah penjelasan tentang Editor HTML Template Blogger terbaru, jangan lupa baca juga t=v1+v2  Untuk Meningkatkan Traffic Blog , tentunya masih ada rahasia-rahasia yang belum semuanya dijelaskan. Aku aja baru mulai ngeblog tahun ini dan sudah mulai menegerti sedikit-sedikit, tapi tiba-tiba ada pembaharuan yang lumayan membingungkan, jadi harus belajar lagi deh :(. Tapi hidup memang selayaknya harus ada perubahan, kalo gak gitu ya tetep aja jadi primitiv :r. Sekian Share ku tentang tulisan ini. semoga dimaklumi Copast-nya dan semoga bermanfaat.. Terimakasih ;)
link sumber artikel

Anda menyukai artikel ini?

43 comments:

  1. walaupun copas tapi sangat bermanfaat sekali sob,
    sbenernya udah lama tau, tapi sekara mekanismenya belum tau betul, nice post sob..! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya gan? untunglah walaupun copas, ada juga manfaatnya :D
      setelah aku coba2, udah lumayan ngerti..
      yg pntg ttep belajar aja gan, tentunya tujuannya untuk memudahkan para blogger..
      thanks fr visit n commentnya gan ^^b

      Delete
  2. Thanks gan artikelnya . . .

    ReplyDelete
  3. keren gan baru tau tadi binung sih awalnya tapi jadi tau ,
    vsitback gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, aku aja bingung awalnya :D
      tgu aja visitku gan..

      Delete
  4. Replies
    1. betul gan, blogger gak mau kalah sama penyedia layanan blog gratis lainnya.. :D
      biar gak ketinggalan jaman.. ^^b

      Delete
  5. nice info sob, sangat mmbantu ane

    mmpir ke blog ane juga ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip gan, thanks dh visit n cment..
      tgu juga visitku yaa :D

      Delete
  6. sip gan,, nice.. blogger sejati selalu jujur hehehe
    salam bloger from pagarijo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha..
      iya dong gan, kita bandingin aja kalo artikel kita di copast orang trus kita di campakin begitu aja..
      sedih banget yaa :D
      gak asik juga di cap jadi plagiat gan.. ^^b
      jadi, lebih baik jujur sebelum dapet cap itu..
      salam blogger juga..

      Delete
  7. emang enak gan,,juga nyaman kalo udah biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, thanks ya dh coment :D

      Delete
  8. makasih gan infonya,,,, tapi saya masih kebinggungan
    sampek sampek ada yang mau pasang iklan di bawah judul postingan terabaikan,,, karena saya nyari data post body gak ketemu,, masih enakan template yang lam,,,,btw, follow sukses #46 kunjung balik ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan, emang agak susah, tapi pasti karena belum terbiasa aja :D
      bilang sabar aja ama yg mau pasang iklan, tgu kalo dh ngerti baru iklannya dipasang wkwkwk ^^v
      sip gan, thanks coment n follownya, aku pasti back kok..

      Delete
  9. Replies
    1. sama-sama gan, thanks fr coment :D

      Delete
  10. blogwalking gan....
    http://arashie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. saya lebih suka edi html edisi yang lama, ini agak rumit dan perlu penyesuaian, makasi sobat, informasi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo baru2 emang gitu sih gan, emang keliatannya agak ribet :D
      thanks juga dh berkunjung gan..

      Delete
  12. Tampilan edit template yang baru memang banyak yang bilang makin mudah menggunakannya,, tp jujur kalo saya kesulitan saat menggunakan fungsi tombol ctrl+F nya!wkwkwk
    mini bgt soalnya kotak untuk mengeditnya!
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha...
      iya juga sih, tapi kalo aku yang lebih susahnya saat preview, kalo koneksi lelet gak bakalan kebuka tuh previewnya :D

      Delete
  13. Klo saya paling sebel saat preview nya gan, maklum koneksi saya jelek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, jd ribet tu preview :D

      Delete
  14. emg agak susah sekarang edit template thank infonya

    ReplyDelete
  15. info yg sngat bagus sngat membantu sya makasih ia mas

    ReplyDelete
  16. Edit Html sekarang malah jadi susah gan :(..
    iya kalo untuk yang koneksinya super kencang,..
    nah saya pake modem super leletnya minta ammmbbrooollm :D..
    hehe, maaf saya komentarnya ngelantur gan.. salam kenal dari saya Putu Sujane, dari Tulang Bawang, Lampung.. Jangan lupa sering2 mampir di blog saya yang super NewBie juga :D.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha...
      sing kengken bli..
      suksma dah mau berkunjung n koment...
      sering2 juga mampir kesini..
      salam Newbie ^^b

      Delete
  17. ia gan pertamanya saya juga bingung :) tapi sekarang dah lancar kok

    back yah :)
    ada yang mau tuker link ??
    http://gratisanupdate.blogspot.com/2013/04/tukar-link-yuk.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, thanks ya dh visit n coment :D

      Delete
  18. fitur searchnya agak kurang Template blogger sekarang. dulu ada jumlah searching, sekarang nggak ada.. :(

    kunjung balik gan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget gan, jd agak bingung nentuin mana yang pertama n terakhirnya :D

      Delete
  19. nice gan,, kunjungan balik dari http://stafabandet.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. tpi menurut saya gan.. pas pertama kali blogger ubah menu edit html , saya jadi tambah bingung :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bnget tuh gan, tapi kalo udah terbiasa sepertinya gak susah2 amat :D

      Delete
  21. Mantab Kunjungan Balik ya http://www.calvitarrapa.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top