Titanic

Ada Yang Aneh Dari Peristiwa Tenggelamnya Kapal Titanic - Mmm, dari judulnya aja kalian pasti sudah tau maksudnya, yup...sudah jelas tenggelamnya kapal Titanic  menjadi sebuah pembicaraan yang seru sejak populernya film Titanic beberapa tahun silam. Namun ada beberapa hal yang membuat kita terheran-heran dengan sejuta pertanyaan, "mengapa Titanic bisa tenggelam dan seceroboh itukah manusia saat itu hingga tidak mempersiapkan segala sesuatu jika hal terburuk terjadi??"

wah... aku jadi serius nih karena peristiwa ini memang sangat menakjubkan, apalagi dengan adanya film TITANIC yang membuat kejadian ini terasa begitu dramatis. Pertama-tama aku akan  menjelaskan bagaimana kejadian ini secara singkat. Kapal Legendaris Titanic ini tenggelam setelah menabrak Gunung Es sekitar pukul 23.40 malam pada 14 April 1912 dalam perjalanannya menuju Amerika. Setelah menabrak, 2,5 jam kemudia kapal ini tenggelam ke dasar Samudra Atlantik yang sangat dingin dan inilah misterinya...

1. Pembatalan Latihan Sekoci 
Pada awalnya, latihan menggunakan sekoci dalam keadaan darurat dijadwalkan diadakan pada tanggal 14 April 1912 atau pada hari Titanic menghantam gunung es. Namun, untuk alasan yang tidak diketahui, Kapten Smith membatalkan latihan tersebut. Banyak yang percaya bahwa jika latihan jadi dilangsungkan, korban yang tewas bisa diminimalkan.  

2. Kesempatan yang Hanya Beberapa Detik 
 Dari saat pengintai mengirimkan tanda bahaya, hanya ada waktu 37 detik bagi awak kapal untuk bereaksi sebelum Titanic menabrak gunung es. Pada waktu itu, Perwira Pertama Murdoch memerintahkan kapal berbelok untuk menghindar serta memutar baling-baling kapal pada arah berlawanan untuk mundur. Namun karena waktu yang sempit, kapal tetap menabrak gunung es

3. Koran Titanic 
Titanic menerbitkan korannya sendiri yang diberi nama The Atlantic Harian Buletin yang terbit setiap hari. Surat kabar tersebut memuat berbagai berita, iklan, harga saham, hasil pacuan kuda, gosip, dan menu yang dihidangkan hari itu. 

4. Sekoci Tidak Terisi Penuh dengan Penumpang 
Titanic tidak memiliki sekoci yang cukup untuk mengangkut semua penumpang. Hal ini diperparah saat kapal tenggelam, tidak semua sekoci terisi penuh dengan penumpang yang hendak diselamatkan. Misalnya, sekoci no.7 hanya berisi 24 orang, meskipun memiliki kapasitas 65 orang. Sedangkan sekoci no. 1 membawa paling sedikit penumpang yaitu 12 orang meskipun memiliki daya tampung 40 orang. 

5. Hanya Dua Bathtub 
Penumpang kelas utama Titanic memiliki kamar mandi pribadi. Namun penumpang kelas tiga hanya memiliki dua bathtub yang digunakan untuk lebih dari 700 penumpang. 

6. Ada Kapal Lain yang Berada Lebih Dekat dengan Titanic 
Ketika Titanic mulai mengirimkan sinyal bahaya, kapal Californian sebenarnya berada lebih dekat dibandingkan kapal Carpathia. Sebagai informasi, Carpathia merupakan kapal yang pertama kali tiba di lokasi kecelakaan untuk membantu proses penyelamatan. Hanya saja, Californian tidak merespon tanda bahaya yang dikirimkan Titanic. Banyak orang percaya jika Californian menanggapi permintaan bantuan Titanic, lebih banyak nyawa bisa diselamatkan. 

7. Dua Anjing Diselamatkan 
Diantara penumpang yang diselamatkan di sekoci, terdapat dua ekor anjing. Tercatat Titanic ikut mengangkut sembilan ekor anjing, yang berarti tujuh anjing lainnya tidak selamat.> 

8. Cerobong Asap Keempat 
Titanic terlihat gagah dengan empat cerobong asap. Hanya saja, cerobong keempat sebenarnya hanya merupakan hiasan belaka. Perancang kapal berpikir Titanic akan terlihat lebih mengesankan dengan empat cerobong asap dibandingkan jika hanya tiga. 

9. Titanic Sekaligus Mengangkut Surat 
Titanic diketahui juga digunakan mengangkut surat. Terdapat lima pegawai pos yang turut serta berlayar. Petugas pos tersebut bertanggung jawab atas 3.423 karung surat (tujuh juta lembar surat) yang turut diangkut oleh Titanic. 

10. Pencarian Korban tewas 
Pada tanggal 17 April 1912, sehari sebelum korban selamat mencapai New York, kapal Mackay-Bennett dikirim dari Halifax, Nova Scotia untuk mencari mayat korban tewas. Mackay-Bennett membawa bahan untuk pembalseman, 40 pembalsem, beberapa ton es, dan 100 peti mati. Kapal tersebut berhasil menemukan mayat 306, namun 116 diantaranya sudah terlalu rusak sehingga harus dikuburkan di laut.

Bagaimana gan?? Kalau dipikir-pikir emang sangat aneh ya kejadian tenggelamnya Kapal Titanic yang legendaris ini. Dan saat ini konon misteri penyebab pasti tenggelamnya kapal ini sudah mulai terungkap gan,  ntar deh aku tulisin selengkapnya pada postingan berikutnya ya, maklum, supaya agan-agan pada penasaran.. Oke, sekian dulu postinganku kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih ;)

Update : Terungkapnya Misteri Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic (Titanic Mystery Solved)

Anda menyukai artikel ini??

13 comments:

  1. Titanic merupakan Legenda sepanjang Jaman

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. dari berbagai sumber gan, banyak kok fakta2 menarik tentang Titanic yang belum terjamah sampai sekarang. Di internet banyak kok infonya, aku ya nulis ulang aja apa yang aku tau :) Thanks ya dh comment ^^b

      Delete
  3. Mmng bener banget. Seharusnya sekoci 1 bsa bawa 40. Tapi bawa 12. Seceroboh itu kah orng zaman dulu?

    ReplyDelete
  4. Mana lanjut nya. Ktka ad flm ni gw blm skolah

    ReplyDelete
  5. Salah Siapa Bilang Titanic Tidak Bisa Di Hancurkan? Itu Kan Berarti Mengejek Tuhan,Tuhan Bisa Dengan Sangat Mudah Menghancurkan Kapal Itu!!

    ReplyDelete
  6. Bukan nya titanic memiliki 16 dinding terpisah, mengapa titanic bisa tenggelam?

    ReplyDelete
  7. yakin kapalnya yg supermewah supercanggih pd saat itu dapt menolongnya? bersumber dari kecerobohan serta kesombongan manusia yang takabur, karya manusia tak ada satupun sempurna, kepada Allah kita tdk ada apa-apanya, Allah dengan sekejap mata dapat berkehendak!!

    ReplyDelete
  8. Konon Katanya sebelum berlayar, kapten kapal Titanic bilang, "Tuhan tidk bisa menenggelamkan Titanic", buktinya?

    ReplyDelete
  9. ngeri juga yah orang - orang kaya semua kan ya di dalamnya

    ReplyDelete
  10. disekitar kapal titanic saat itu nggak ada kapal tongkang yang sedang mencari ikan kali ya.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top