patung mataran
Patung Bundaran Karang Jangkong
Kota Mataram - Nah...sekarang aku mau nulis tentang kota kelahiranku.. :O, yup..Mataram. Ada yang pernah main ke Mataram gak? Mataram itu ada di Pulau Lombok. Kalo belum pernah sempatin aja baca postinganku ini, siapa tau sobat-sobat tertarik mengunjungi Kota Mataram, dan paling tidak wawasan kalian akan bertambah mengenai daerah-daerah yang ada di indonesia.. :r 

Mataram adalah kota yang indah, Mataram memiliki topografi wilayah berada pada ketinggian kurang dari 50 dpl dengan rentang ketinggian sejauh 9 Km. Secara administratif Mataram memiliki luas daratan 61,30 km dan 56,80 Km perairan laut. Mataram terbagi atas 6 kecamatan (Ampenan, Cakranegara, Mataram, Pejanggik, Selaparang, dan Sekarbela). mataram sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten lombok Barat sebelum pemekaran wilayah.

Batas-Batas Wilayah Kota Mataram
  • Utara : Kecamatan Gunung Sari, Lobar
  • Selatan : Kecamatan Labu Api, Lobar
  • Barat : Selat Lombok
  • Timur : Kecamatan Narmada, Lobar (namun saat ini Narmada sudah masuk Mataram)
Berikut adalah tempat-tempat menarik yang ada di Kota Mataram
1. Museum NTB
museum NTB
Museum NTB
Museum ini merupakan satu-satunya yang ada di Mataram dan merupakan satu-satunya museum yang digunakan untuk penelitian. Berikut adalah benda-benda yang ada di dalam museum ini :
  • Keris bergagang emas dan 1.239 naskah diatas daun lontar
  • Kitab suci dengan tulisan tangan yang berumur ratusan tahun
  • Jenis-jenis mata uang Indonesia dari dulu-sekarang
  • Hasil kerajinan suku Sasak
  • Miniatur Taman Nasional Gunung Rinjani, Candi Borobudur, Candi Prambanan dll.
2. Taman Mayura
taman mayure
Taman Mayura
Dibangun oleh A.A. Ngurah Made Karangasem pada tahun 1744 M, yang berlokasi di Cakranegara. Awalnya bernama Kelepung diambil dari suara-suara air yang ada di telaga tersebut. Dan pada tahun 1866 diganti nama menjadi Mayura. Di tengah-tengah taman ini terdapat bale Kambang yang berfungsi sebagai pengadilan rakyat.

3. Pura Meru (pura terbesar di Lombok)
pura meru
Pura Meru
Dibangun pada tahun 1720 oleh A.A. Gede Ngurah Karang Asem yang berfungsi sebagai pusat persembahyangan umat hindu di kawasan cakranegara dan sekitarnya. pura ini terdiri dari tiga bangunan besar (di tengah bersusun 11 dan kanan-kiri bersusun 9) yang melambangkan Brahma, Wisnu dan Siwa

4. Taman Sangkareang
lapangan sangkareang
Taman Sangkareang 
Taman ini berada di pusat Kota Mataram, awalnya di taman ini ada lapangan rumput yang digunakan sebagai lapangan sepak bola dan taman yang memiliki berugak-berugak dan banyak pohon besar. Namun seiring perkembangan, lapangan tersebut tidak lagi digunakan sebagai lapangan sepak bola dan berugak-berugak mulai dihilangkan (walaupun sudah hilang, tapi kenangannya masih ada lho ;)) untuk lebih menambah luas pandangan keindahan taman.

5. Mataram Mall
mataram mall
Mataram Mall
Mall ini adalah satu-satunya di Pulau Lombok, bahkan NTB. Ukuran mall ini memang tak sebesar mall-mall di kota-kota lainnya, namun mall ini cukup memberi hiburan bagi warga mataram yang penat akan pekerjaan sehari-harinya.

6. Taman Udayana
Nah..ini dia nih tempatnya anak-anak muda kota Mataram pada nonkrong, udayana adalah nama sebuah jalan yang dijadikan pusat rekreasi atau sering disebutnya taman. Taman ini sangat ramai di malam hari, dan pada hari minggu pagi digunakan sebagai tempat Car Free Day (gaulnya CFD getoh :r)

7. Islamic Center
islamic center
Rancangan Islamic Center 
Bangunan ini didirikan beberapa tahun yang lalu dan dalam proses pengerjaan sampai saat ini. Gaya arsitekturnya sangat megah sehingga dapat menarik minat wisatawan yang berkunjung ke NTB. Fungsi dari tempat ini nantinya adalah sebagai pusat kegiatan umat muslim di Nusa Tenggara Barat dan kota Mataram pada khusunya. 

Bagaimana?? Tertarik gak ke Kota Mataram, tentunya tertarik doonk... :O. Yup..Yang ingin main-main ke Mataram langsung aja dateng, gak bakalan rugi kok, kalian pasti akan nemuin hal-hal baru disini. Jangan lupa baca juga Tentang Pulau Lombok . Sekian tulisanku kali ini, Semoga bermanfaat. Terimakasih ;)

Anda menyukai artikel ini?

3 comments:

  1. kota yang indah sob, sayang tempat yg disebutkan diatas belum pernah sy kunjungi, hanya gn. Rinjani nya saja...terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hebat juga nih agan ya...
      aku aja belum pernah naik ke rinjani :D
      Terimakasih ya sudah mampir..:)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top