pulau lombok

Tentang Pulau Lombok - kali ini aku akan berbagi informasi tentang pulau dimana tempat aku dilahirkan, yaitu Pulau Lombok. Mungkin banyak diantara kalian yang belum banyak mengenal tentang pulau yang satu ini tetapi aku yakin kalau kalian singgah ke pulauku ini, kalian pasti akan tercengang melihat indahnya panorama di pulau ini. Namun dalam posting ini aku hanya akan membahas Pulau Lombok secara umum saja, tentang sesuatu yang khusus mungkin aku akan menulisnya dalam posting-posting berikutnya (sabar ya, maklum penulis pemula :D). Penasaran?? ayo kita lihat..


Pulau Lombok termasuk salah satu pulau dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (yang satu lagi Pulau Sumbawa). Selain itu disebelah Utara pulau lombok terdapat Gili (pulau-pulau kecil disekitar Pulau Lombok), tiga Gili yang paling terkenal adalah Gili Meno, Gili Air dan Gili Terawangan. Pulau Lombok terdiri dari empat Kabupaten dan satu Kotamadya yaitu : 
  • Kabupaten LombokUtara,
  • Kabupaten Lombok Timur,
  • Kabupaten Lombok Barat,
  • Kabupaten Lombok Tengah
  • Kotamadya Mataram (sebagai ibukota NTB)
Pulau Lombok mempunyai luas wilayah 4.647,39 km2. Menurut letak astronomisnya Pulau Lombok terletak antara 115˚46’ BT – 116˚80’ BT dan 8˚12’ LS – 9˚02’ LS. Sedangkan letak geografisnya adalah sebagai berikut :
  • Utara : berbatasan dengan Laut Bali
  • Timur : berbatasan dengan Selat Alas yang menghubungkan dengan Pulau Sumbawa
  • Selatan : berbatasan dengan Samudra Hindia
  • Barat : berbatasan dengan Selat Lombok yang menghubungkan dengan Pulau Bali
Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia. mulai dari pulau lombok ke arah Timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang ditemukan di Australia dari Asia. Ilmuan yang pertama kali menyatakan hal ini adalah Alfres Russel Wallace, seorang Inggris di abad ke-19, untuk menghormatinya maka batas ini disebut Garis Wallace.

Topografi pulau lombok didominasi oleh gunung berapi yang bernama Gunung Rinjani, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 metet dpl. dan menjadikannya tertinggi ketiga di Indonesia setelah G. Jayawijaya (4.884 meter dpl) dan G. Kerinci (3.800 meter dpl). Gunung Rinjani terakhir meletus pada Tahun 1994. Pada tahun 1997 kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak ditengahnya dinyatakan dilindungi oleh pemerintah RI. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian, komoditas yang biasanya ditanam antara lain jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas.

Pulau Lombok dalam banyak hal mirip dengan Pulau Bali dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara. Namun pada akhir tahun 1997 (era Krisis Moneter) potensi pariwisata agak terlantar hingga puncaknya pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan agama di seluruh Pulau Lombok yang mengakibatkan pengungsian besar-besaran kaum minoritas terutama ke Pulau Bali. Namun selang beberapa tahun, situasi telah menjadi kondusif dan pengungsi pun sudah mulai balik kembali. pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Pulau Lombok yang berkembang. Dan pada tahun 2012, Gubernur NTB telah meresmikan Bandara Internasional pertama di Nusa Tenggara Barat yang diberi nama Bandara Internasional Lombok yang diharapkan dapat memudahkan akses wisatawan mancanegara yang ingin berwisata ke Pulau Lombok.

Sekian dulu postinganku kali ini Tentang Pulau Lombok, semoga bisa bermanfaat bagi sobat-sobat yang membaca artikel ini. Dan jangan lupa berwisata ke Pulau lombok yaa..,, aku jamin Pulau lombok gak kalah Elok dengan Pulau Bali yang sudah lebih dulu terkenal di mancanegara...^^b

Anda menyukai artikel ini?

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top