Biografi Singkat Nelson Mandela - Nelson Mandela adalah salah satu tokoh dunia yang paling dikenal karena keberhasilannya dalam membantu penduduk Asli benua afrika yang berkulit hitam dari diskriminasi dari orang-orang eropa yang menduduki daerah Afrika yang notabene berkulit putih. Berikut adalah biografi singkatnya.

Nelson Mandela

Nama Lengkap: Nelson Rolihlahla Mandela 
Alias: Nelson Mandela | Madibaa 
Tanggal Lahir: Kamis, 18 Juli 1918 
Tempat Lahir: Mvezo, Afrika Selatan 
Meninggal: Jumat, 5 Desember 2013 
Zodiac: Cancer Kewarganegaraan: Afrika Selatan 
Istri: Evelyn Ntoko Mase, Winnie Madikizela , Gra├ža Machel 
Ayah: Gadla Henry Mphakanyiswa 

Biografi Nelson Rolihlahla Mandela atau lebih dikenal dengan Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan pada 18 Juli 1918 – meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 pada umur 95 tahun adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. 

Mandela adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang menjadi presiden yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999. 

Pada usia 16 tahun, Mandela bersekolah di Clarkebury Boarding Institute untuk mempelajari kebudayaan barat. Ia menghabiskan masa kecilnya di Thembu. Mandela memiliki nama kehormatan “Madiba” yang diberikan dari klannya. Pada tahun 1934, Mandela mengambil program B.A di Universitas Fort Hare dan mengambil ilmu hukum di University of The Witswatersrand. Karena menentang kebijakan universitas, akhirnya Mandela diminta keluar dari universitas Fort Hare yang kemudian melanjutkan studinya di Universitas South Africa. 

Mantan presiden Afrika selatan ini menikah sebanyak tiga kali. Dua pernikahan pertamanya berakhir dengan perceraian. Pada usia 80 Mandela bertemu dan menikah yang ketiga kalinya dengan seorang wanita yang juga mantan presiden Mozambik, Samora Machel. 

Sebagai aktivis, Mandela tidak terlepas dari berbagai macam kasus yang membuatnya harus hidup di penjara. Pada tanggal 5 agustus 1962 mandela ditangkap, hakim memvonis 5 tahun penjara untuk Mandela, sementara beberapa kelompok aktivis lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Mandela kembali ditahan pada februari 1985 karena menolak pembebasan bersyarat dan menghentikan perjuangan bersenjata. Kampanye internasional yang menuntut pembebasannya membuat Mandela dibebaskan tahun 1990.

Anda menyukai artikel ini?

4 comments:

  1. Sosok yang luar biasa dan banyak menjadi inspirasi banyak orang didunia ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget gan, Respect Nelson Mandela :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top