Kepal Tangan

Jika Lupa, Kepal Tangan Anda - Anda pernah mengalami kejadian lupa dengan sesuatu padahal itu sangat penting? Kita sebagai manusia pastinya hal yang wajar jika pernah melupakan sesuatu atau kejadian, tapi jika terlalu sering? bagaimana?? Yaah..selama itu bukan lupa bernafas aja :r. Mungkin beberapa saran di bawah ini bisa membantu anda untuk mengingat sesuatu. Oke silahkan dibaca gan..

Kepalkan tangan untuk beberapa saat. Menurut sebuah penelitian, mengepalkan tangan kanan selama sekitar 90 detik terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat suatu, sedangkan mengepalkan tangan kiri membantu mengingat kembali peristiwa yang lalu.

Manfaat mengepalkan tangan terungkap dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Montclair State University dipimpin Ruth Propper. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE.


"Penemuan ini menunjukkan pergerakan tubuh yang sederhana dengan jangka waktu tertentu mengubah cara otak bekerja, termsauk dalam mengingat. Penelitian selanjutnya adalah apakah pengepalan tangan berpengaruh pada kemampuan kognitif, misalnya verbal atau spasial," kata Propper.

Penelitian ini didasarkan pada riset sebelumnya dari UCLA. Menurut penelitian tersebut, stimulasi pada area tertentu pada otak bisa meningkatkan kemampuan mengingat. Penulis penelitian tersebut menyimpulkan, pengepalan tangan secara terpisah dapat meningkatkan aktivitas neuron pada area frontal lobe di contralateral hemisphere.

Seringnya mengepalkan tangan berhubungan dengan meningkatnya stimulasi hemisphere untuk terus bekerja, dan selalu dalam fase berproses. Untuk membuktikan bagaimana mengepalkan tangan berefek pada memori dan mengingat hal lampau, peneliti menggunakan 51 patisipan.

Para partisipan harus mengepalkan tangan, kemudian mengingat 72 kata. Partisipan dibagi menjadi 5 kelompok sesuai perlakuan yang diterapkan. Kelompok 1 mengepalkan tangan kanan 90 detik, sebelum dan setelah mengingat kata. Kelompok 2 mengepalkan tangan kiri sebelum dan setelah mengingat kata. Kelompok 3 mengepalkan tangan kanan sebelum mengingat, dan tangan kiri setelah mengingat kata-kata tersebut. Kelompok 4 mengepalkan tangan kiri sebelum mengingat dan tangan kanan setelah mengingat. Kelompok 5 berfungsi sebagai kontrol, yang tidak mengepalkan tangan.

Hasilnya, kelompok yang mengepalkan tangan kanan sebelum mengingat kata dan tangan kiri setelahnya, memperlihatkan hasil terbaik. Penelitian ini sekaligus juga membuktikan kebenaran penelitian di UCLA.  Penelitian lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah mengingat kata berhubungan dengan stimulasi penglihatan seperti, mengingat wajah dan hal spasial.

Bagaimana? sudah mulai bisa mengingat sesuatu kembali?? Semoga saja saran di atas bisa bermanfaat bagi kita semua yang terkena virus lupa. Atau kita rekomendasikan saja pada para koruptor yang terserng virus ini juga saat peradilan :O. Jangan lupa baca juga artikel kesehatan yang lain tentang Cara Memasak Untuk Orang Yang Darah Tinggi. Sekian dulu postinganku kali ini, semoga bewrmanfaat. Terimakasih ;)
sumber

Anda menyukai artikel ini?

14 comments:

  1. Wah...menarik buat di tester nih mas...tipsnya

    di tambah pula memang hal ini ada riset nya juga ya... :)
    #salam sehat selalu...dan terima ksh sdh berbagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener banget gan, thanks jg sdh mau berkunjung dan komentar ^^b

      Delete
  2. ntar tak cobane mas. makasih yo :)

    ReplyDelete
  3. Kemarin baru denger juga informasi ini di radio, tapi bedanya bukan mengepal tapi meremas bola karet sambil mengingat, informasi yang bermanfaat kawan... makasih udah share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha...
      tapi maksud dan tujuannya sepertinya sama ya gan.. :D

      Delete
  4. Alhamdulillah tambah lagi pengetahuan saya nih mas Dwi..., saya sangat pelupa banget mas, mudah2an bisa membantu. Thanks ya sdh berbagi. Sukses selalu sahabat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks juga dah mampir gan..
      bersyukur banget post ini bisa membantu agan2 yang membacanya ^^b

      Delete
  5. Waah,boleh dicoba kayaknya nii.....
    jgn lupa kunjungannya ya sob http://downladsoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip gan, ditunggu aja kunjungannya... :D

      Delete
  6. nanti saya coba deh kalo lupa sesuatu.. heheh terimakasih sobat buat ilmunya

    ReplyDelete
  7. trik yang mudah, simple untuk memulihkan memory otak kita heheh

    Kunjungan Rutin Kawan, Saya Tunggu Kunjungan Baliknya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap gan, silahkan dicoba-coba kalu sedang lupa :D
      sip gan, ntar aku t6inggal meluncur aja kesana.. ^^b

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top