Mantra Panca Sembah / Kramaning Sembah - Naah.. kemarin kan sudah ngepost tentang mantram Puja Trisandya, sekarang aku mau nulis mantram Panca Sembah atau sering juga disebut Kramaning Sembah. Tapi ini Panca Sembah yang untuk umum, kalo yg untuk pemangku belajar sendiri aja yaa :O. Oke, langsung aja daripada kita berlama-lama lebih baik crokodot aja gan..

1. Sembah Puyung (Tanpa Sarana)
Cakupkan tangan kosong dengan pikiran terpusat dan ucapkan mantra :
Om atma tattwatma suddhamam swaha
Artinya : Ya Tuhan, atma atau jiwa kebenaran, bersihkanlah hamba.

2. Sembah Kepada Hyang Surya / Siwa Aditya (Menggunakan Bunga)
Om Adityasya param jyoti
rakta tejo namo'stute
sweta pankaja madyastha
bhaskaraya namo'stute
Artinya : Ya Tuhan, Sinar Sang Surya Yang Maha Hebat. Engkau bersinar merah, hamba memuja Engkau. Hyang Surya yang berstana di tengah-tengah teratai putih. Hamba memuja Engkau yang menciptakan sinar matahari berkilauan.

3. Sembah Kepada Istadewata (Menggunakan Bunga)
Om namo dewaya adisthanaya
sarwa wyapi wai siwaya
padmasana eka pratisthaya
ardhanaeswaryai namo namah
Artinya : Ya Tuhan, kepada dewata yang bersemayam pada tempat yang luhur., kepada Hyang Siwa yang berada dimana-mana, kepada dewata yang bersemayam pada tempat duduk bunga teratai di suatu tempat, kepada Ardhanaeswari hamba memuja.

4. Sembah Memohon Anugrah (Menggunakan Bunga / Kwangen)
Om anugraha manoharam
dewa datta nugrahaka
arcanam sarwa pujanam
namah sarwa nugrahaka

Dewa-dewi mahasiddhi
yajnanga nirmalatmaka
laksmi siddhisca dirghayuh 
nirwigna sukha wrddisca
Artinya : Ya Tuhan, Engkau yang menarik hati pemberi anugrah, anugrah pemberian Dewata, pujaan segala pujaan, hamba memuja-Mu sebagai pemberi segala anugrah. Kemahasiddhian para Dewa-Dewi berwujud kesucian, kebahagiaan, kesempurnaan, panjang umur, bebas dari rintangan kegembiraan dan kemajuan rohani dan jasmani.

5. Matur Suksma (Tanpa Sarana)
Om Dewa suksma parama cintyaya namah swaha.
Om Santih Santih Santih Om
Artinya : Ya Tuhan, hamba memuja Engkau Dewata yang tak terpikirkan, maha mulya dan maha gaib. Ya Tuhan, anugrahkan kepada hamba kedamaian, damai, damai Ya Tuhan.

Yup, semoga mantra Panca Sembah ini bisa memmbantu anda mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda yang memerlukannya. Jangan lupa baca juga artikel tentang mantram Puja Trisandya. Sekian postinganku kali ini. Terimakasih ;)

Anda menyukai artikel ini?

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top