Sejaran sepak bola dunia
sepak bola dunia
Sejarah Sepak Bola Dunia - Anda penggemar sepak bola?? Sudah tahu belum tentang asal-usul sepak bola di dunia?? Aku sendiri adalah penggemar sepak bola, namun aku pun belum tahu benar tentang sejarah sepak bola ini asal-usulnya darimana ;), maka dari itu aku mencari-cari informasi dari berbagai sumber dan aku tuliskan ringkasannya di blogku ini. Baiklah kalo memang belum tahu langsung disimak aja ya :O. 

Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di China. Di masa dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil dan disebut dengan Tsu Chu. Permainan ini dipertandingkan untuk melatih fisik tentara dan saat kaisar ulang tahun. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini banyak menimbulkan kekerasan selama pertandingan (maklum aja, dulu kan jamannya Gladiator :r) sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola.

Pada Tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku untuk permainan sepak bola. Bersamaan dengan itu terjadi pemisahan yang jelas antara rugby dengan sepak bola. Pada tahun 1869 membawa bola dengan tangan mulai dilarang pada sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan Dunia.

FIFA
Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia mulai dibentuk dengan nama FIFA (Federation Internationale de Football Asosiation). FIFA dibentuk pada 21 Mei 1904, dan memiliki slogan For The Game. For The World. FIFA berpusat di Zurich, Swis. FIFA adalah baddan pengatur internasional sepak boal, FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar pemain terbaik dunia FIFA dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Ada satu kompetisi terpenting yang diadakan oleh FIFA dalam dunia sepak bola internasional yaitu Piala Dunia Sepak Bola atau sering disebut dengan Piala Dunia saja (dulu indonesia pernah ikut lho :)). Turnamen babak final Piala Dunia adalah ajang olahraga yang paling banyak ditonton di dunia bahkan melebihi Olimpiade.

Sekian postinganku tentang Sejarah Sepak Bola Dunia kali ini. Bagi penggemar bola sepatutnya kita mengetahui sejarah perkembangan sepak bola dan melalui tulisan ini semoga bisa menambah wawasan sobat tentang sepak bola. Terimakasih.. ;)
Sumber  

Anda menyukai artikel ini?

15 comments:

  1. Sangat bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks kunjungan n comentarnya gan.. ^^b

      Delete
  2. jadi tambah wawasan nih. terima kasih, keep sharing gan

    ReplyDelete
  3. salam blogger dan salam olahraga gan!!

    artikel sepakbola yang singkat namun lengkap..

    thank gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak gan atas kunjungan dan komentarnya :D
      salam olahraga n salam blogger juga ^^b

      Delete
  4. Informasinya bagus mas buat nambah pengetahuan. terimakasih banyak ya udah berbagi pengetahuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan, makasi juga udah mampir dan komen di blogku ^^b

      Delete
  5. :p
    saya pecinta sepak bola, saat ini permainan sepakbola semakin bagus saja, banyak teknik teknik mearik yang tercipta saat pertandingan, asik banget kalo liat sepakbola, oh ya, mau piala dunia nih, :>)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih kaka udh mau share tentang sejarah sepak bola dunia hehehe

    ReplyDelete
  7. sangat berguna artikel nya agar menambah pengetahuan pecinta bola....

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top