Meilinda Asri Swantari
bobo nyenyak
5 Hal yang Menarik dari Tidur - Ehm..,, gadis diatas nyenyak juga ya tidurnya :O. Tentunya sobat-sobat sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan tidur itu?? (kalau gak tau cari aja di google :r). Banyak orang yang menyepelekan tentang tidur ini, namun para ahli kesehatan menganjurkan sebaiknya orang dewasa tidur selama delapan jam setiap harinya. tetapi beberapa orang tidak bisa memenuhinya (mungkin lagi galau, jadi gak bisa bobok :D) dan beberapa orang lainnya malah tidur terlalu lama (jangan-jangan kena sleep paralyze :$). Nah, ketahuilah 3 hal menarik tentang tidur ini. Penasaran kan?? Tancap gan.. 

1. Bahaya Kurang Tidur dan Kebanyakan Tidur

Jika seseorang indomnia, maka sangat sulit memenuhi kebutuhan tidur selama delapan jam. Hati-hati dengan gangguan tidur yang satu ini karena menjadikan lebih berisiko obesitas dan mengalami diabetes. Ada hal yang paling parah dari insomnia, bisa menyebabkan kita sangat stress karena saat orang-orang sekitar kita sudah ngorok duluan, eh kita malah gak bisa merem, mana sendirian lagi dirumah gak ada siapa-siapa, haha :O, jadi curhat nih. Lanjut..,, Namun jangan senang dulu jika punya kebiasaan tidur lama hingga jauh melampaui kebutuhan, sebab hal ini membuat resiko memiliki tekanan darah tinggi jadi meningkat. Jika anda berfikir dengan tidur lama bisa membuat berat badan berkurang, itu juga salah. Tidurlah yang cukup jika anda ingin mengurangi berat badan hingga jadi ideal.


2. Keringat berlebih Saat Malam Picu Gangguan Tidur

Kurangnya waktu tidur kerap kali dikaitkan dengan kebiasaan atau gaya hidup. Namun masalah gangguan tidur bukan hanya disebabkan oleh hal itu saja. Pemicu seseorang tidak bisa tidur di malam hari adalah karena keringat berlebih. jika merasa panas dan berkeringat, maka akan sulit untuk tidur (mungkin itu sebabnya bayi menangis jika keringat mereka terlalu banyak saat tidur ;)). keringat berlebih di malam hari bagi manula kebanyakan dikarenakan menopause, kanker, dan infeksi.


3. Insomnia Bisa Disebabkan oleh Makanan

Fakta lain insomnia adalah bahwa gangguan tidur yang dialami banyak orang ini disebabkan makanan tertentu. Penelitian menunjukkan beberapa makanan yang dikonsumsi bisa menyebabkan seseorang tetap terjaga di malam hari. Alkohol sepertinya bisa membuat seseorang rileks, namun rupanya alkohol juga bisa membuat seseorang tidak gampang terlelap. Hal lainnya adalah makanan pedas yang bisa bikin perut jadi mulas dan gangguan pencernaan yang mungkin menyebabkan anda tetap terjaga di malam hari. selain itu gula juga dikenal bisa menghambat kantuk. 


4. Tidur Malam dan Tidur Siang

Jika tidur setengah jam dengan lelap pada siang hari dapat memberikan kesegaran kembali setelah kita terbangun dengan nilai setara dengan tidur 1 jam dengan lelap pada malam harinya. Tetapi apabila lebih dari setengah jam 91 jam atau lebih) akan membuat kita merasa kelelahan saat terbangun.
Sedangkan bila kita tidur cukup pada malam harinya, pada saat bangun pagi kita akan merasakan tubuh menjadi lebih segar, hal itu disebabkan metabolisme tubuh secara otomatis derdasar jam tubuh (kebiasaan kita) akan meningkat percepatannya pada saat matahari mulai terbit. 

5. Mimpi Bisa Terjadi pada Semua Fase Tidur

Dulu, para peneliti mengira bahwa kita hanya bisa bermimpi pada fase tidur Rapid Eye Movement (REM). Belakangan pendapat tersebut dikoreksi karena riset menunjukkan manusia bisa bermimpi pada semua fase tidur. Selama fase non-REM, mimpi manusia terbentuk oleh pikiran, perasaan, dan emosi yang mereka alami.

Nah, sudah pada ngerti kan sekarang?? Tidur memang penting banget bagi kehidupan kita. Sobat-sobat kan sudah baca artikelnya.. Jadi, sekarang tinggal diterapin aja di kehidupan sehari-hari. Tidur yang berkualitas sama dengan hidup yang berkualitas pula. Sekian postinganku hari ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat-sobat semua. terimakasih.. ;)

Anda menyukai artikel ini?

2 comments:

  1. makasi sobat informasinya, tidur adalah aktivitas yang paling menyenangkan plus bisa bermimpi lagi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha...
      tidur emang paling mantep gan, rileks tanpa beban..
      thanks dh mampir n coment gan.. ^^b

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top