alpukat
Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ehmm...buah yang satu ini memang sangat nikmat lho.. Sudah pernah makan yang satu ini belum? Pasti sudah kan.. :O Yup..buah ini bisa dimakan dengan berbagai cara, ada yang dubuat jus, salad, bahkan dimakan langsung (tapi paling enak dibuat jus :y). Tapi ada satu hal penting yang perlu kita ketahui, manfaatnya.. :O, ini nih yang paling penting. Ternyata manfaatnya gak nyangka banget deh banyaknya..

Alpukat memang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Buah Alpukat dalam bahasa latinnya adalah Persea Americana Mill ;). Buah ini termasuk tumbuhan tropis yang buahnya sangat nikmat bila dijadikan jus. Selain nikmat buah alpukat mempunyai kandungan gizi yang banyak, sehingga tubuh kita sangat membutuhkan buah ini untuk menangkal berbagai penyakit dan untuk mempercantik tubuh kita (cwe cwo sama aja :r)


Namun terkadang  kita malas menanan buah ini karena kata orang pohon alpukat selalu mengundang banyak ulat bulu sebelum berbuah (itu sih rumornya, tapi pohon alpukat di rumahku gak ada ulatnya kok sebelum berbuah ;)). Jadi bisa dipastikan jika mulai banyak ulat bulu kecil-kecil yang muncul pada daun dan pohon alpukat berarti setelah ulat itu pergi, berarti  buah alpukat sudah mulai berbuah (untungnya pohonku nggak :r). Namun jangan khawatir jika anda malas menanamnya, di pasar buah banyak kok :O, jadi tenang aja.

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Tiap 100 Gram Buah Alpukat Segar diantaranya :

Kandungan zat gizi                                   Jumlah
Kalori                                                       85,00 kal
Protein                                                        0,90 g
Lemak                                                        6,50 g
Karbohidrat                                                7,70 g
Kalsium (Ca)                                            10,00 mg
Fosfor (P)                                                 20,00 mg
Zat Besi (Fe)                                              0,90 mg
Vitamin A                                               180,00 S.I.
Vitamin B1                                                 0,05 mg
Vitamin C                                                 13,00 mg
Air                                                           84,30 mg
Serat                                                          1,40 g
Bagian yang dapat dimakan                       61,00%

Nah gimana gan? itu baru kandungannya aja. Sekarang saatnya kita lihat manfaatnya..

1. Mencegah resiko penyakit stroke
Kandungan Asam Folat dalam Buah Avokad ini berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.

2. Menangkal radikal bebas
Kandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adlah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Konsumsi saja setip hari.

3. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam buah alpukat berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula.

4. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.

5. Penyembuh Sakit Maag
Kalau terkan sakit maag ringan makan sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.

6. Mencegah kanker prostat
Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.

7. Membantu Turunkan Kolesterol
Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.

8. Untuk mata yang bengkak.
Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

9. Untuk Masker wajah
Caranya Potong alpukat menjadi dua bagian. Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir. Ratakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit kering.

10. Rambut lembut dan bersinar.
Caranya Campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.

11. Tangan halus dan lembut.
Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Gak nyangka kan segitu banyaknya manfaat buah alpukat ini :O. Bila sobat-sobat ingin mendapatkan berbagai macam manfaat diatas, maka seringlah mengkonsumsi si buah alpukat ini. Anda bisa saja membuat jus alpukat di rumah, tapi bila terasa berat dan malas (ato gak punya blender :r) bisa beli aja di pinggir jalan banyak kok, kalo gengsi ya ke restauran terkenal aja.. :O. Jangan lupa baca juga Khasiat Susu Sekian postinganku tentang Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Hidup sehat akan terasa lebih nikmat... Terimakasih ;)


Anda menyukai artikel ini?

2 comments:

  1. saya paling suka alpukat di campur pisang kecil2 lalu di ksh susu kental coklat, ga diblender tp cm dibejek2 pake sendok...sedap :D
    sayangnya pilih buah alpukat yg bagus susah bgt, kadang udah keburu busuk ato malah blm mateng nunggu matengnya lamaaa bgt :(
    selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha...
      bener banget tuh gan, memang paling enak kalo cuma dibejek-bejek gak di blender. Kalo milihnya kan tinggal dipencet dikit aja buahnya, kalo gak keras amat atau gak lembek amat berarti buahnya sudah mateng. terimakasih ya sudah mampir, selamat berkarya juga.. :D

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top