Cara Memasang Widget - Anda ingin memperidah, mempercantik, atau ingin membuat blog anda menjadi keren dengan widget? Bagi sobat bloger yang belum tahu caranya atau masih merasa newbie (aku juga masih newbie, walaupun newbie harus tetep bagi-bagi ilmu..:D). Contoh-contoh widget yang aku pakai bisa sobat lihat di sidebar blogku ini.
Setelah sebelumnya posting tentang berbagi pengalaman Membuat Blog kali ini aku akan share Cara Memasang Widget di blog sobat. Bagi sobat yang penasaran dan tertarik silahkan baca lebih lanjut postingan ini.

1. Pertama-tama masuklah ke akun blog anda, lalu pilih tata letak/layout (gambar no 1), selanjutnya klik tambahkan gadget/add gadget (gambar no 2)
Cara pasang widget 1
Tata Letak, Tambahkan Gadget
2. Setelah itu akan muncul ganbar seperti dibawah, kalian diberi tiga opsi pilihan yaitu Dasar-dasar, Gadget lainnya dan Tambahkan milik anda. untuk anda yang pemula, mulailah dengan menambahkan gadget yang ada pada dasar-dasar dahulu. Jika sudah menemukan gadget yang kalian inginkan lalu kalian tinggal klik tanda plus(gambar no 3) untuk menambahkan/add gadget yang kalian inginkan.
Cara pasang widget 2
Add Gadget
3. Jika sobat-sobat sudah mulai paham dengan dasar-dasar, kini saatnya aku memperkenalkan Gadget dari dasar-dasar yang fungsinya untuk menambahkan gadget kita sendiri. Gadget ini bernama HTML/JavaScript (gambar no 4).
Cara pasang widget 3
HTML/JavaScript
4. Setelah di klik, maka akan keluar gambar seperti berikut. Saatnya sobat masukan script yang sobat punya, dan setelah copast jangan lupa klik simpan (gambar no 5). 
cara pasang widget 4
Masukan Script 
Selanjutnya jangan lupa juga Menyimpan Stelan yang ada pada tata letak (sebelah kanan atas berwarna kuning seperti gambar no 5) Selesai sudah anda menambahkan Widget pada blog anda dan silahkan lihat apa yang terjadi pada blog anda, aku jamin makin keren deh Blognya..:D 

Berikut aku akan berikan beberapa Widget yang aku gunakan. Kalian hanya perlu meng-copy scriptnya saja lalu pastekan pada HTML/JavaScript di blog kalian (ikuti cara dari no 3 diatas).

1. Jam Digital Garuda untuk Bloger Indonesia
jam digital yang sangat keren karena memiliki background bendera Indonesia dan burung garuda (pokoknya indonesia Banget deh :D). Berikut Scriptnya :


<div align="center">
<embed allowscriptaccess="sameDomain" flashvars="&amp;col1=d89b09&amp;col2=7cc034&amp;dayAdd=0&amp;cal=true&amp;gig_lt=1248336103578&amp;gig_pt=1248336182359&amp;gig_g=1&amp;gig_n=blogger" height="200" loop="false" menu="false" pluginspage="http://www.adobe.com/go/getflashplayer" quality="best" src="http://www.widgipedia.com/widgets/orido/Jam-Garuda-Indonesia-4639-8192_134217728.widget?__install_id=1248336094072&amp;__view=expanded" swliveconnect="true" type="application/x-shockwave-flash" width="200" wmode="transparent"></embed> </div>

2. Freedjit
Widget untuk mengetahui dari mana asal pengunjung/visitor blog anda, kapan dan apa yang dilihatnya. berikut scriptnya :

<script type="text/javascript" src="http://feedjit.com/serve/?vv=1022&amp;tft=3&amp;dd=0&amp;wid=1872a0100e17001f&amp;pid=0&amp;proid=0&amp;bc=0A0A0A&amp;tc=F5F5F5&amp;brd1=F0F2F5&amp;lnk=FCFEFF&amp;hc=FFFFFF&amp;hfc=080808&amp;btn=C99700&amp;ww=200&amp;wne=10&amp;wh=Live+Traffic+Feed&amp;hl=0&amp;hlnks=0&amp;hfce=0&amp;srefs=0&amp;hbars=0"></script><noscript><a href="http://feedjit.com/">Feedjit Live Blog Stats</a></noscript>


3. Alexa Rank
Widget yang satu ini berfungsi untuk mengetahui seberapa populer blog anda dimata search engine, namun kalian harus mendaftarkan blog anda ke search engine terlebih dahulu dan menunggu untuk terindeks oleh search engine tersebut baru Widget Alexa rank dapat mengakses data pada blog anda. Semakin kecil angka pada Alexa menandakan semakin populer blog anda dan sebaliknya. Berikut Scriptnya:

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/kangeryu.blogspot.com"><script type='text/javascript' src='http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=kangeryu.blogspot.com'></script></a>

4. Flag Counter
hampir sama seperti freedjit, tetapi Flag Counter menampilkan visitor kita secara keseluruhan, semakin banyak bendera negara yang tertera maka berarti semakin banyak orang yang berkunjung ke blog anda. Saat ini aku tidak memberikan Scriptnya secara langsung, karena sobat-sobat bisa mengatur tampilan Flag Counter sobat sendiri. Langsung saja ke Situsnya

Cukup dulu ya, kalo masih kurang Widgetnya tinggal Search aja di google banyak kok :D. Sekian postinganku untuk hari ini tentang Cara Memasang Widget, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat yang ingin belajar blog. Tetap semangat bloger Indonesia dan ingat "Sebuah senyuman bisa merubah segalanya". Terimakasih...:)

Warning: Boleh copy tapi inget aturan yaa.. "cantumkan sumbernya" !!!

Anda menyukai artikel ini?

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top