Istri (Tidak) Setia - Ada sepasang suami istri belia, sebut aja Romeo (25) dan Juliet (20). Tahun demi tahun mereka berdua menjalani hidup dengan bahagia, rukun, makmur, damai sentosa ….. sampai tak terasa sampailah mereka ke ulang tahun kelima pernikahan mereka (konon kata orang, 5 tahun pertama merupakan masa-masa yang penuh “badai” dalam mengayuh bahtera rumah tangga).

Humor


Malam itu mereka habiskan dengan Candle Light Dinner yang romantis di sebuah restoran. Pendek cerita, sepulang dari restoran acara bermesraan diteruskan sampai masuk kembali kerumah, masuk kembali kekamar, naik kembali ke ranjang dan seterusnya.



Usailah satu sessi penuh kemesraan, penuh gelora dalam keadaan setengah sadar (makan malam tadi cukup kenyang, dan sessi terakhir tadi cukup menguras tenaga) Romeo melihat istrinya dengan hati-hati mengeluarkan sebuah KANDAGA dari lemari, menciumnya, dan mengembalikan lagi kebelakang tumpukan pakaiannya. (Kandaga adalah sebuah kotak kecil dari kayu jati atau sonokeling, biasanya berukir indah, tempat para isteri bangsawan Jawa tempo doeloe menyimpan koleksi permata, perhiasan emas atau barang-barang berharga lainnya).



Penasaran, Romeo menanyakan kepada isterinya apa gerangan isi kandaga itu, namun Juliet cuma menjawab: “Maaf, Pa, Mama ‘nggak bisa memberitahukannya. Kalau memang Papa bener-bener sayang sama Mama, sudahlah, jangan tanya itu lagi.”



Mas Romeo terdiam, dan hanya bisa menurut saja. Namun rasa penasaran belum mampu dia usir dari benaknya. Di saat-saat sendiri, selalu saja rasa penasaran itu mengganggunya, tapi “demi cinta”, tak pernah dia sampai hati menanyakan hal itu kembali pada isterinya.



Waktu pun berlalu, hari berganti bulan, bulan berganti tahun, angin berhembus, cuaca berubah, namun daun-daun tetap tumbuh menghijau, begitu pula kehidupan rumah tangga ini.



Mereka cukup bahagia lahir bathin dengan 2 orang anak (laki dan perempuan), karir Romeo-pun selalu menanjak sehingga kehidupan keluarga selalu berkecukupan adanya. Tak terasa waktu terus bergulir, dan tibalah 10 tahun usia perkawinan mereka. Setelah melakukan ritual yang sama, Romeo kembali membisikkan keinginannya sama sang istri, betapa ia ingin tahu apa isi kandaga itu tapi tetap saja istrinya menolak dengan halus.



Karena memang Romeo tidak ingin menyinggung perasaan istrinya, maka ia juga tak memaksa. Begitulah kembali hari berganti bulan, bulan berganti tahun, tahun berganti windu, sampailah saatnya mereka merayakan ulang tahun perkawinan Perak mereka. Putri mereka yang pertama sudah menikah, malah mereka sedang bersiap-siap menantikan kedatangan cucu mereka pertama. Namun karena mereka dulunya termasuk pasangan yang cepat kawin, maka kondisi phisik mereka masih kelihatan prima. Maklum saja lah, Romeo baru 50 tahun dan Juliet baru saja berulang tahun ke 45. Apalagi pasangan ini termasuk mereka yang rajin merawat kebugaran, Romeo tiap weekend masih rajin main golf bersama relasi, kalaupun Juliet tidak ikut menemani, paling-paling dia sibuk Fitness atau beraerobic bersama teman-teman arisan atau kelompok-bermainnya sendiri.



25 tahun bukannya masa yang pendek, maka malam itu mereka sepakat untuk mengadakan syukuran sekedarnya, dengan mengundang besan serta keluarga dan kerabat dekat lainnya. Acara berlangsung meriah di rumah mereka yang asri dan diakhiri dengan menikmati barbeque di kebun belakang. Lewat tengah malam ketika tamu terakhir meninggalkan rumah pasangan ini. Kembali ke kamar, “ritual” rutin pun berulang kembali.



Lagi-lagi Romeo menyatakan keinginannya untuk mengetahui apa isi kandaga itu. Kali ini, setelah 25 tahun, akhirnya sang Istripun luluh juga. Maka lantas terjadilah dialog berikut: 


“Papa memang benar-benar ingin mengetahuinya?”
“Iya lah, Ma. Sekian tahun Papa penasaran.”
“OK, tapi Papa harus berjanji, Papa tidak akan marah. Papa janji akan tetap jadi Papa yang selama ini Mama kenal, apapun isi kandaga itu.”

Romeo merasa jantungnya mulai deg-degan, tapi demi hasrat yang 20 tahun terpendam, jadilah akhirnya ia mencoba untuk tetap tenang. Maka hanya dengan sekedar ditutup selimut Juliet bangkit dari ranjang dan berjalan ke arah lemari, mengeluarkan kandaga itu dan membawanya ketempat tidur dimana Romeo menunggu.

Pelan-pelan dia buka kandaga itu dan dia unjukkan kedepan suaminya. Alangkah terkejut Romeo. Isi kandaga itu ternyata cuma 3 biji jagung dan uang receh 6,500 perak!

Romeo tak habis pikir, mengapa 25 tahun istrinya menjaga rahasia ini rapat-rapat, hanya sekedar “menyembunyikan” 3 biji jagung dan uang yang tak seberapa. Melihat suaminya diam membisu, maka Julietpun angkat bicara: “Pa, Mama sadar bahwa Mama bukanlah seorang wanita yang sempurna. Mama juga bukanlah seorang istri impian seperti yang selama ini Papa bayangkan!”

Romeo masih diam terpaku dan menyimak saja. “Mungkin Papa heran, apa arti 3 butir jagung ini. Sebenarnya Mama berat untuk mengatakan ini, tapi Mama juga sadar, sampai kapan Mama harus hidup dalam dusta terhadap suami yang mencintai Mama dengan begitu tulus.” (mata Juliet mulai merebak, dan akhirnya air matanyapun runtuh).

“Tapi karena Papa sudah berjanji untuk tidak marah, dan tetap akan menjadi Papa yang dulu, maka Mama memberanikan diri untuk bicara.” suaranya jadi berat, tersendat.
“Mama bukanlah istri yang setia!”

Akhirnya kalimat itu meluncur dengan nada getir dan datar. “Selama rentang 25 tahun usia pernikahan kita, Mama beberapa kali selingkuh dengan lelaki lain. Mama mulai melakukan ini di tahun-tahun pertama perkawinan kita, ketika kita terlibat pertengkaran di rumah. Di saat panik, stress, ada lelaki lain yang memberikan keteduhan sesaat, dan Mama pun jatuh. Tapi tiap kali Mama melakukan itu, Mama benar-benar menyesal, dan sebagai prasasti peringatan maka setiap kali Mama mengambil sebiji jagung dan memasukkannya ke dalam kandaga ini”.

Romeo terhenyak dan menarik napas panjang. Terasa berat sekali timbang-menimbang dalam hatinya: 3 kali selingkuh dalam rentang waktu 25 tahun memang bukan pertanda istri yang setia, tapi juga tak bisa begitu saja dijadikan alasan untuk memulangkan Juliet ke rumah orangtua-nya, karena mereka berdua sekarang sudah sama-sama yatim piatu.

Dalam hati Romeo berpikir : 
“Ya, sudahlah… selama inipun aku bukannya suami yang 100% steril, ada saja saat-saat yang sulit dihindarkan kalau lagi larut bersama relasi.”
” Trus.. uang yang Rp. 6,500.00 itu apaan, Ma?”
“Itulah, Pa… setiap kali Mama melakukan selingkuh, mama tak lupa memasukkan sebiji jagung ke dalam kandaga ini. Sampai saatnya butir jagungnya sudah begitu banyak sehingga kandaga ini nyaris penuh maka mami jual jagung itu ke warung sebelah. Mama jual murah sekali, Pa, cuma lima ratus perak per kilo dan itulah uang hasil penjualan itu semua. Sepeserpun tak pernah Mama pakai untuk belanja!”

Romeo terkulai lemas, dan beberapa saat kemudian Juliet berteriak membangunkan anaknya untuk menelpon ambulans. Malam menjelang pagi itu Romeo terpaksa dilarikan ke UGD, karena darah tinggi dan terkena stroke, rupanya depressi yang kelewat berat tak tertahankan oleh jantung yang sudah bekerja terlalu berat, betapapun selama ini selalu beliau lulus dengan mulus setiap general check up 2 tahun sekali.

Catatan Kaki:
  • 1 kg jagung @ Rp. 500.00, dus Rp. 6,500.00 = 13 Kg.
  • 1 kg jagung = +/- 1450 butir
  • 13 kg x 1450 = 18.850 butir jagung = 18.850 kali selingkuh (dalam 25 tahun)
  • 25 tahun = 25 x 365 hari = 9125 hari, dus AVERAGE SELINGKUH = 18.850 : 9125 = 2x selingkuh/hari
Anda menyukai artikel ini?

3 comments:

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top