Fakta Rivalitas Messi dan C.Ronaldo - Pemenang FIFA Ballon D'or 2013 memang sudah dimenangkan oleh C.Ronaldo, tetapi ini tidak serta merta menghentikan persaingan diantara kedua legenda dunia ini. Ada yang menganggap Messi lebih baik dengan sihir-sihirnya mengolah bola. Namun, juga banyak yang menganggap Ronaldo pemain lebih komplet. Nah, berikut ini 6 catatan penting dari rivalitas Messi versus Ronaldo di El Clasico:

El-Clasico Messi vs Ronaldo

1. Konsistensi
Messi tercatat hanya sekali tak dimainkan penuh di partai El Clasico. Itu terjadi pada pertemuan pertama di musim 2005/2006. Saat itu, ia ditarik keluar di menit 70 dan Barcelona saat itu menang 3-0 di kandang Madrid.

Sejak Ronaldo datang ke Santiago Bernabeu, dia tercatat dua kali tak tampil penuh di partai El Clasico. Dia digantikan saat pertama kali melakoni laga El Clasico saat Madrid harus menelan kekalahan 2-1. Di laga El Clasico terakhir, Ronaldo juga tak bermain penuh, namun saat itu Madrid menang 2-1.

2. Kartu kuning
Ronaldo tercatat telah tiga kali menerima kartu kuning saat melawan Barca. Menariknya, tiga kartu kuning ini selalu dikoleksinya di laga tandang. Dan, setiap Ronaldo mendapat kartu kuning di Camp Nou, Madrid selalu gagal meraih kemenangan.
Dua kali kekalahan dan sekali imbang harus diterima Madrid saat CR7 mengoleksi kartu kuning. Catatan itu tentu menjadi alarm bagi Ronaldo untuk tampil lebih tenang di Camp Nou malam nanti.

Catatan kartu kuning Ronaldo:
    08/17/11 - menit 53 (Supercopa) Barcelona menang 3-2
    01/25/12 - menit 54 (Copa del Rey) hasil imbang 2-2
    11/29/10 - menit 32 (La Liga) Barcelona menang 5-0

3. Catatan assist Messi 
Sepanjang karier Messi melawan Real Madrid, bintang mungil Argentina ini total telah mengoleksi 11 assists. Dari 11 assists itu, hanya tiga yang dibukukan sebelum Ronaldo datang ke Madrid. Menariknya, setiap Messi menorehkan assists, Barca tak pernah kalah dari Madrid.

Catatan assists Messi:
    08/14/11 - Real Madrid 2-2 Barcelona (1 Assist) (Supercopa)
    08/17/11 - Barcelona 3-2 Real Madrid (1 Assist) (Supercopa)
    01/18/12 - Real Madrid 1-2 Barcelona (1 Assist) (Copa del Rey)
    01/25/12 - Barcelona 2-2 Real Madrid (1 Assist) (Copa del Rey)
    01/30/13 - Real Madrid 1-1 Barcelona (1 Assist) (Copa del Rey)
    11/29/10 - Barcelona 5-0 Real Madrid (2 Assists) (La Liga)
    12/10/11 - Real Madrid 1-3 Barcelona (1 Assist) (La Liga)

4. Ronaldo lebih nyaman tampil di Camp Nou
Terlepas dari catatan kartu kuning Ronaldo di Camp Nou, namun winger lincah Portugal ini justru mampu tampil apik. Terbukti, selama 10 tampil di Camp Nou, Ronaldo sukses mencetak 9 gol. Catatan 9 gol dalam 10 pertandingan itu memberikan empat kemenangan, tiga imbang, dan tiga kekalahan.

5. Gagal cetak hattrick
Fakta menarik dari rivalitas Messi dan Ronaldo di El Clasico, keduanya tak pernah tercatat mencetak hattrick saat saling berhadapan.

6. Fakta penting lainnya
Madrid mencatat rata-rata 1,5 gol dari 10 pertandingan di Camp Nou sejak Ronaldo datang. Selain itu, sejak Ronaldo datang, Madrid tak pernah mengalahkan Barcelona dengan lebih dua gol di pertandingan La Liga, baik laga tandang maupun kandang. Sementara itu, Barcelona mencatat rata-rata 1,9 gol di laga kandang saat melawan Madrid sejak CR7 datang.

Messi total telah mencetak 223 gol dalam 253 pertandingan dengan koleksi 87 assists. Sedangkan Ronaldo mencetak 154 gol dalam 144 pertandingan dengan koleksi 40 assists. Apapun yang terjadi tentunya kita semua tahu bahwa kedua pemain ini adalah salah satu legenda Sepak Bola yang pernah dilahirkan di Dunia ini.

Anda menyukai artikel ini?

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top