Gambar Logo HIV/AIDS

Cara Mencegah HIV/AIDS - Mmm..di berhubung hari ini malem minggu dan saat artikel ini selesai ditulis tepat pada tanggal 1 Desember yaitu tanggal peringatan hari HIV/AIDS sedunia. Aku sengaja menuliskannya untuk mengingatkan kita semua tentang HIV/AIDS yang sampai sekarang belum ada obatnya ini. Sebelumnya mari kita kenali HIV/AIDS secara singkat.

HIV (Human Immonodeficiency Virus) adlah nama virus yang menyebabkan penyakit AIDS.  Sedangkan penyakit AIDS (Aquired Immune Defeciency Syndrome) adalah penyakit yang ditimbulkan oleh adanya penurunan sistem kekebalan tubuh hingga level terendah karena infeksi HIV.

Cara Penularan HIV/AIDS
HIV menular mellalui hubungan seksual, baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis, saling tukar alat suntik (jarum, kapas, semprit, tempat mengaduk) dikalangan pengguna narkoba, transfusi darah dan transplantasi yang tidak diskrining, tatoo, tindik, dan penularan dari ibu ke anaknya selama kehamilan, persalinan dan menyusui.

Karena itu mereka yang beresiko tinggi terkena HIV adalah :
1. Wanita dan pria yang berganti-ganti pasangan seks tanpa menggunakan alat kontrasepsi.
2. Para pengguna narkoba.
3. Bayi yang dikandung, dilahirkan dan disusui oleh ibu yang terinfeksi HIV.
4. Orang yang melakukan transfusi darah dantransplantasi tanpa diskrining serta orang yang melakukan tindik dan tatoo dengan alat yang terinfeksi HIV.

HIV sangat mudah mati di luar tubuh manusia oleh air panas, sabun dan bahan pencuci lainnya. Karena itu HIV tidak bisa menular lewat media udara seperti kebanyakan virus yang lain. HIV sebagian kecil juga dapat ditemukan di air mata, air liur, cairan otak, keringat dan ASI. HIV juga tidak menembus kulit yang utuh (tidak terluka).

Hal-hal yang tidak menularkan HIV:
1. Bersenggolan atau berjabat tangan dengan penderita AIDS
2. Bersentuhan dengan barang atau pakaian bekas penderita AIDS.
3. Penderita AIDS bersin atau batuk di depan kita.
4. Mencium pipi dan dahi.
5. Berenang ata menggunakan WC ditempat yang sama.
6. Melalui makanan dan minuman atau gigitan nyamuk dan serangga lain.

Cara Mencegah HIV/AIDS:
1. Tidak berganti-ganti pasangan dan jangan berhubungan seks dengan penderita HIV.
2. Jika menerima donor darah, pastikan darah yang anda dapat tidak terinfeksi HIV.
3. Jangan menggnakan jaru suntik bergiliran atau tidak steril.
4. Jika anda seorang pengguna narkoba, suka memakai tatoo, tindik, maka ubah pola hidup anda ke arah hidup yang lebih sehat.
5. Sebelum menikah ada baiknya anda periksakan diri anda dan pasangan anda untuk mendeteksi sedini mungkin kemungkinan ada yang mengidap HIV/AIDS untuk dilakukan langkah lebih lanjut serta mintalah saran apa yang sebaiknya anda lakukan dari dokter yang ahli dalam bidang ini.

Begitulah kira-kira langkah-langkah untuk mencegah penyebaran infeksi virus HIV. Penderita AIDS bukanlah seseorang yang perlu dijauhi karena jika kita melakukan langkah-langkah diatas maka HIV sangat tidak mungkin untuk tertular pada diri kita. Semoga suatu saat penyakit ini ditemukan obatnya, karena saat ini sudah banyak para ahli yang menemukan obat-obat baru untuk HIV/AIDS namun belum ada yang menyembuhkan secara total. Semoga bermanfaat, Terimakasih ;)

Anda menyukai artikel ini?

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top