Kabupaten Lombok Barat -  Mmm... Lombok Barat?? Ada yang tau gak?? Kalo orang Lombok pastinya taulaah.. :O. Kalo yang belum tau aku kasitau aja yaa. Lombok Barat adalah bagian dari Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok Barat memiliki Gerung sebagai Ibu Kotanya. Lombok Barat juga sangat penting di NTB karena merupakan pusat pemerintahan di wilayah ini. Banyak hal menarik mengenai Lombok Barat sehingga sangat bijak jika anda memilihnya sebagai tempat berlibur selanjutnya, langsung aja kita bahas gan..

Secara Geografis, Kabupaten ini berada di 115,46-116,20 Bujur Timur dan 8,25-8,55 Lintang Selatan. Kabupaten Lombok Barat berbatasan dengan :
  • Utara : Kabupaten Lombok Utara
  • Timur : Lombok Tengah
  • Selatan : Samudra Hindia
  • Barat : Selat Lombok dan Kota Mataram
Saat ini Kabupaten Lombok Barat sudah mulai berkembang menjadi daerah pariwisata yang diandalkan NTB. Berikut adalah beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten Lombok Barat :
1. Pantai Senggigi (Wisata Pantai, Laut dan Sunset)
Senggigi
Pantai senggigi merupakan objek wisata yang terkenal dan populer di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pantai berpasir putih ini mempunyai daya tarik yang luar biasa bagaikan magnet yang menarik wisatawan datang berkunjung untuk menikmati pesona alami pantai ini. Wisatawan tertarik menugnjungi pantai ini karena  memang sangat cocok untuk menghabiskan liburan baik bersama kekasih, teman ataupun keluarga. 



2. Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong ini letaknya agak menjorong kelaut. Pura Batu Bolong merupakan tempat suci bagi para penganut agama hindu yang digunakan sebagai tempat persembahyangan, tempat diadaknnya berbagai macam upacara keagaman umat Hindu. Pura ini dinamakan pura batu bolong karena didalam pura ini terdapat batu yang berlubang yang disebabkan oleh terjangan ombak yang menghempas batu karang sehingga mengakibatkan batu tersebut berlubang. Ditempat ini juga kita bisa menyaksikan keindahan pantai, dan tentunya dari atas pure ini kita bisa menikmati keindahan matahari terbenam selain itu Gunung Agung yang berada di Bali dapat terlihat jelas apabila cuacanya cerah.

3. Pura Lingsar (Pura kerukunan umat beragama)
Perang Topat Lingsar
Pura lingsar di bangun pada tanggal 1714 oleh AA Ngurah Karang Asem. Pura ini digunakan oleh pemeluk agama hindu dan islam wetu telu untuk merayakan upacara keagamaan. Islam wetu telu dapat dikatakan sebagai pemeluk agama islam yang belum sempurna, hal ini disebabkan karena penyebaran agama islam ke daerah ini masih belum sempurna. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat pemujaan dan ritual keagamaan.

Selain itu tempat ini sering di jadikan sebagai tempat semedi oleh orang-orang hindu dengan cara berdiam diri disana selama beberapa hari dan apabila keinginannya tercapai dia akan kembali untuk melakukan ritual dengan membawa sesajen berupa hasil usahanya. Di pura ini terdapat dua tempat peribadatan, satu untuk penganut hindu dan satunya lagi untuk penganut islam wetu telu. Hal ini menggambarkan keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama. Di tempat ini juga setiap tahunnya sering diadakan “perang topat” yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan cara melepar satu sama lain dengan menggunakan ketupat.

4. Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada yang luasnya sekitar 2 ha ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau. Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang sangat suci di India. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Di taman narmada ini kita akan menjumpai Replika Puncak Taman Nasional Gunung Rinjani. Replika ini dibangun oleh sang Raja sebagai pengganti ritual yang dilakukannya tiap tahun ke Puncak Gunung Rinjani, karena merasa sudah tidak sanggup lagi mendaki sang Rajapun memutuskan membangun replika ini.

5. Suranadi
Hotel SuranadiSuranadi merupakan sebuah tempat yang layak dikunjungi karena di tempat ini terdapat beberapa objek yang bagus seperti terdapat hotel tua Belanda dengan kolam renang air mancur, Pura Hindu tertua di Lombok dan terdapat kolam yang dianggap suci yang dihuni oleh ikan-ikan yang dianggap keramat.

Di tempat ini juga terdapat lapangan tennis yang disediakan bagi anda pecinta tennis. Disuranadi terdapat TWA yang dulunya merupakan tempat bagi satwa seperti gajah, monyet, ular dan burung. Belakangan ini tempat ini banyak dikunjungi wisatawan domestic untuk menikmati hidangan sate dan lainnya. Di sini juga terdapat monyet-monyet yang jinak, dan anda bisa merasakan serunya memberi makan para monyet. Sebagai tempat peristirahatan, Suranadi menawarkan keindahan dan kenyamanan. Tempat – tempat rekreasi di sini terdapat begitu banyak mata air dengan airnya yang dingin mengairi kolam – kolam pemandian di sini.

6. Hutan Pusuk (Monkey Forest)
Liburanku di Hutan Pusuk
Hutan pusuk atau yang lebih dikenal sebagai mongkey forest ini merupakan sebuah hutan hujan tropis yang di huni oleh monyet-monyet liar. Walaupun liar tetapi monyet ini sangat jinak. Hutan ini dijadikan objek wisata karena mempunyai potensi yang luar biasa. Dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang elok nan mempesona, pepohonan rindang mengawal pandangan menuju lautan. Keindahan laut lepas tampak memukau berwarna hijau kebiru biruan.

Memberi makan satwa liar merupakan hal yang jaranag kita nikmati apabila kita mengunjungi suatu objek wisata, tetapi semua itu akan anda dapatkan dengan mengujungi hutan monyet ini. Selain itu, Jika anda kesana pada saat musim durian, maka di sepanjang jalan menuju pusuk anda akan menemukan penjual durian dengan warung-warung mereka, apalagi saat disana turun hujan, enak banget sambil makan pop mie yang hangat ditemani suara alam (jadi curhat nih :O)

7. Desa Banyumulek (Penghasil Kerajinan Gerabah)
Pengrajin Gerabah Banyumulek
Desa Banyumulek merupakan pusat penghasil kerajinan gerabah yang ada di Lombok. Desa ini merupakan salah satu tujuan yang wajib anda kunjungi apabila anda ingin mengetahui dan mengenal lebih jauh mengenai hasil kerajinan tradisional masyarakat pulau Lombok ini. Proses pengerjaan kerajinan ini masih sangat sederhana dan tradisional dengan menggunakan alat-alat yang masih sederhana dan biasanya pengerjaan mengabisakan waktu selama 3-4 hari. Dan proses pewarnaannya masih menggunakan dedaunan. Disini anda juga bisa belajar mencoba untuk membuat sendiri bentuk dan kreasi yang anda inginkan. Bentuk dari hasil kerajinan ini berupa binatang (gajah, ular, tokek, cicak), hiasan dinding (tulisan kaligrafi dan lain-lain), perabot rumah tangga(vas bunga, tempat lili, celengan, lampu dan masih banyak lagi yang lainnya. Datang, temukan dan dapatkanlah beberapa bentuk yang mungkin menarik perhatian anda.

8. Desa Gunung Sari (Penghasil Kerajinan Bambu)
Pengrajin Bambu Gunungsari
Desa gunungsari merupakan salah satu desa penghasil kerajinan yang terbuat dari bambu yang ada di lombok. Proses pengerjaan sangat sederhana dan melalui beberapa tahap antara lain mulai dari penjemuran, pemotongan, pembuatan rangka sampai pewarnaan. Bebrapa hasil kerajinan ini berupa kursi, meja, lemari, dipan, ayunan bayi dan lain-lain. Tempat kerajinan ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.



Bagaimana?? Bagus kan Kabupaten Lombok Barat, di gambar aja terlihat sangat menyenangkan untuk berlibur ke Lombok Barat, apalagi saat anda ke tempat sebenarnya, pasti mantaap.. :O. Kalo memang punya waktu banyak untuk liburan, aku saranin deh main ke Lombok dan nikmati segala yang ada disini he..he.. Sekian postinganku tentang Kabupaten Lombok Barat. Jangan lupa baca juga artikel ku tentang Kota Mataram yang pastinya gak kalah menarik. Terimakasih ;)

Anda menyukai artikel ini?

2 comments:

  1. Nice Blog meton..
    Mampir sini dong http://lombokmovie.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp gan, anteh ane disitu yaa :D

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini dan silahkan memberikan komentar, komentar yang kalian berikan sangat mempengaruhi perkembangan blog ini. Tetapi diharap dengan teramat sangat untuk tidak menyertakan komentar yang berisikan spam. Terimakasih.

 
Top